by

Komisi Informasi (KI) DKI Jakarta Mendorong Kota Administrasi Jakarta Barat Optimalkan Pengelolaan Informasi Publik

-Daerah-28 views

Jakarta, Indonesianews.co.id

Pemerintahan Kota Administrasi Jakarta Barat sambut baik ajakan Komisi Informasi (KI) DKI optimalkan pengelolaan informasi publik berkualiitas. Hal ini disampaikan pada kunjungan perdana untuk Kota Administrasi oleh Komisi Informasi(KI) DKI Jakarta periode ketiga 2020-2024 yang sudah dilantik dan ditetapkan Gubernur DKI Jakarta.

Wakil Walikota Jakarta Barat Yani Wahyu Priyoko yang menerima beserta jajaran asisten pemerintahan pada senin (25/1/2021) di kantor walikota Kota Administrasi Jakarta Barat.

Kunjungan Komisi Informasi(KI) DKI Jakarta selain silaturahmi juga perkenalan struktur Anggota Komisi Informasi DKI Jakarta Periode 2020-2024. Dengan perwakilan Ketua Bidang Kelembagaan Nelvia Gustina dan Aang Muhdi Gozali, Ketua Bidang Advokasi, Sosialisasi dan Edukasi (ASE). didampingi Tenaga Ahli Kelembagaan Eka Nova Yudha, Tenaga Ahli Bidang A.S.E Kokom Komariah dan Richard Halomoan Sirait.

Pada audiensi dan kunjungan lembaga ini, ada beberapa hal penting yang disampaikan komisioner Komisi Informasi DKI Jakarta,yaitu :
a.     Mengedukasi dan menstimulus kembali semangat kepatuhan menjalankankan keterbukaan informasi publik khususnya di lingkungan pemerintah kota Administrasi Jakarta Barat sebagai bagian upaya mendukung keberhasilan program kebijakan Pemprov DKI Jakarta yang informatif.
b.     Mengajak stake holder pemerintahan kota untuk mengkolaborasikan program sosialisasi keterbukaan informasi publik melalui kegiatan/ program rapat pimpinan wilayah.
c.      Kecamatan/kelurahan merupakan garda terdepan yang berinteraksi langsung dengan masyarakat perlu mendapat perhatian lebih dalam hal advokasi keterbukaan informasi publik.
d.     Melakukan koordinasi lanjutan mengenai sinergitas program dengan pihak yang berkepentingan.
e.     Kegiatan dalam bentuk pendampingan (tim ahli/TA) melalui sektor bidang ataupun bagian yang ada di pemerintahan kota Jakarta Barat.

Wakil Walikota Jakarta Barat merangkap PLt Sekretaris Kota sekaligus melekat PPID Walikota Kota Adminitrasi Jakarta Barat juga sangat mendukung pengelolaan informasi publik dapat dijalankan secara transparan dan optimal melayani informasi publik secara berkualitas. Tujuan ini harus diupayakan bersama dengan jajarannya untuk mendukung kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menuju masyarakat yang maju,bahagia dan sejahtera. Bahkan kedepan beliau sangat mendukung kolaborasi kegiatan kerja dengan Komisi Informasi DKI Jakarta meski secara offline ataupun online.

Dengan kunjungan ini, beliau juga sangat berharap ada perubahan yang lebih baik dalam pengelolaan informasi publik. Terlebih Pemerintahan Kota Administrasi Jakarta Barat telah mendapatkan penghargaan evaluasi keterbukaan informasi publik yang diadakan Komisi Informasi Provinsi DKI Jakarta Tahun 2019.

“Informasi publik harus dikelola dengan terbuka, mudah diakses sehingga tidak ada sengketa informasi publik. Kebaikan perlu disampaikan untuk meminimalisir keburukan (kedzholiman) terutama hak informasi kepada masyarakat”.tandas Wakil Walikota.

Nelvia selaku bidang kelembagaan menyampaikan kunjungan ini akan terus dilakukan dengan Kota Administrasi di enam wilayah DKI Jakarta lainnya.(R).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed