Apkasi Apresiasi Peran Pers Dorong Kebangkitan Ekonomi Daerah

Nasional11 Views

Jakarta, Indonesianews.co.id

Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) berikan apresiasi kepada kalangan pers dalam perannya mendukung kebangkitan ekonomi di daerah, melalui Anugerah Jurnalistik APKASI 2021.

Dalam acara penutupan APKASI Otonomi Expo 2021 yang diselenggarakan pada hari Jum’at tanggal 22 Oktober 2021, Direktur Eksekutif APKASI yang sekaligus Ketua Pelaksana , Sarman Simanjorang, mengatakan, upaya membangkitkan dan mempercepat perekonomian daerah memang membutuhkan kerja sama semua pihak. Oleh karena itu, salah satu cara APKASI adalah menggandeng kalangan pers sebagai mitra strategis yang kerap memberikan dukungan melalui publikasi, masukan, dan kritisi yang membangun melalui pemberitaan di media massa.

“Apresiasi kepada kalangan pers kami wujudkan dalam sebuah lomba karya jurnalistik yang kami sematkan sebagai Anugerah Jurnalistik APKASI 2021. Ini adalah lomba jurnalistik pertama yang kami selenggarakan dari bulan Februari 2021 hingga Oktober 2021. Kepada para pemenang kami ucapkan, selamat dan semoga lomba ini bisa memberikan manfaat dalam membangkitkan perekonomian daerah melalui tulisan-tulisan terbaik dari rekan-rekan pers,” kata Sarman.

Para penerima Anugerah Jurnalistik APKASI terdiri dari dua kategori, untuk kategori media cetak dimenangkan oleh : Kismi Dwi Astuti (Pikiran Rakyat), Osa Triyatna (Harian Kompas), Fauziannur (Radar Sampit); dan untuk kategori media Online terdiri dari : Puji Purwanto (Suaramerdeka.com), Feri Purnama (Antaranews.com), dan Wisma Putra (detik.com).

Para peserta lomba menanggapi positif diselenggarakannya Anugerah Jurnalistik APKASI, dengan harapan akan meningkatkan kualitas jurnalistik media massa di seluruh pelosok negeri.

Forum Diskusi dan Solusi
Sarman menambahkan, dalam APKASI Otonomi Expo 2021, telah terselenggara berbagai forum diskusi dan pertemuan yang membahas solusi membangkitkan perekonomian nasional dan daerah. Kegiatan ini diikuti pemkab, investor, KADIN, dan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI).

“Kami mempertemukan semua stakeholder, baik pembuat kebijakan pusat, daerah, dan pelaku usaha dalam suatu forum untuk mencari solusi bangsa bangkit bersama dalam memperbaiki perekonomian nasional. Kegiatan yang baru pertama dilakukan secara virtual ini diikuti oleh 25 pemkab, dari buyer investor hadir 18 perusahaan dari KADIN, HIPMI, dan lain-lain, mudah-mudahan dari forum ini kedepannya akan ada keberlanjutan ke tahap selanjutnya untuk terus mendongkrak perekonomian nasional,” tutp Sarman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *