IEECCE (Indonesia Energy Efficiency and Conservation Conference Dan Exhibition) 2021 Dukung Upaya Dekarbonisasi Sektor Transportasi Guna Pacu Transisi Energi Bersih

Komunitas14 Views

Jakarta, Indonesianews.co.id 

Masyarakat Konservasi dan Efisiensi Energi Indonesia (MASKEEI) untuk kali ketiga mengadakan IEECCE (Indonesia Energy Efficiency and Conservation Conference & Exhibition) 2021 yang akan berlangsung selama 4 hari dari tanggal 14 -17 Juni 2021, yang mengambil tema “Responding to the Global Energy Transition” (Menanggapi Transisi Energi Global) dan merespon lebih spesifik pada “Dekarbonisasi Sektor Mobilitas”. Agenda utama berupa Konferensi akan membahas isu-isu mutahir tentang upaya nasional dan global dalam melakukan Transisi pemanfaatan energi konvensional menuju pemanfaatan energi bersih dan berkelanjutan di sektor-sektor utama sistem perekonomian (Industri, mobilitas, gedung dan rumah tangga).

Ketua MASKEEI, R.M. Soedjono Respati mengatakan bahwa di banyak negara pemanfaatan energi Konvensional paling besar di sektor mobilitas ini, oleh karenanya keberhasilan dalam mengurangi emisi karbon di sektor ini akan sangat signifikan berkonstribusi pada penurunan karbon di tingkat global. “Ambisi Indonesia untuk mengembangkan EV menggantikan kendaraan Konvensional harus didukung oleh semua stakeholders di industri otomotif nasional maupun oleh semua stakeholders terkait”, tegas Jon Respati.

Pada kesempatan IEECCE 2021 akan hadir secara online beberapa pembicara seperti Menteri Koordinator bidang Maritim dan Investasi (Luhut Binsar Panjaitan), Menteri Koordinator Bidang Ekonomi (Airlangga Hartarto) Menteri Perhubungan (Budi Karya Sumadi), Menteri ESDM (Arifin Tasrif), Menteri PUPR (Basuki Hadimuljono), Menteri Perindustrian (Agus Gumiwang Kartasasmita), Kepala BPPT (Laksana Tri Handoko), Eksekutif Director, International Energy Agency (Fatih Barol), Senior Business Developer, Swedish Energy Agency (Paul Westin), Rektor ITB (Reini D. Wirahadikusumah) dan Ketua MASKEEI (R.M. Soedjono Respati)

Secara keseluruhan, IEECCE 2021 ini terdiri dari International Conference, Exhibition dan beberapa Side Events diselenggarakan dalam format Virtual, diharapkan tanpa mengurangi efektivitas seluruh acara, meskipun tidak akan ada suasana khas dalam Acara seperti ini, yang dipenuhi oleh gegap gempita kemeriahan dari aktivitas para peserta selama IEECCE berlangsung, seperti jika diadakan secara “fisik” seperti tahun-tahun sebelumnya.

Dari sisi jumlah Sessions sebanyak 7 Plenary dan 6 Breakout/Technical Sessions ditambah dengan 2 Summit Meetings, akan dihadiri oleh lebih dari 160 orang nara sumber dari dalam Negeri dan 15 manca Negara. Selain itu akan ada Virtual Exhibition oleh lebih dari 20 peserta terdiri dari para sponsor yang mendukung Acara ini. Karena sifatnya Virtual, Exhibition akan dibuka selama 24 jam selama 1 minggu penuh, sehingga diharapkan bisa dikunjungi oleh sekitar 1000 orang peminat di dalam Negeri maupun manca negara yang berada di berbagai Zona Waktu di dunia.

Halaman 2

Beberapa Site Events juga akan di selenggarakan dalam rangka Acara ini, berupa (1) Business Meeting dan One to One (matching), yang akan diikuti oleh sekitar 30 perusahaan manca negara yang memperkenalkan teknologi dan inovasi dalam bidang peningkatan efisiensi energi di berbagai bidang; (2) Capacity Building Program terkait ESCO Business, dan Program terkait dengan pembangunan dan pengeloaan gedung rendah karbon dan berkelanjutan.; (3) Virtual Site Visit ke beberapa objek di manca negara terdiri dari kunjungan virtual ke Gottenberg Smart City di Swedia dan Toyama City di Jepang. Sebagai catatan, kunjungan virtual ke Toyama City boleh dikatakan sebagai “kunjungan balasan“ karena Walikota Toyama City telah hadir di Jakarta dalam rangka menghadiri di IEECCE 2018 yang lalu. Dalam rangkaian acara Virtual Site Visit juga akan dikunjungi contoh Bangunan untuk Residensial di Copenhagen, Denmark, yang dikembangkan menuju “Net Zero Emission Buildings”, dan 2 Gedung di dalam negera yang berpredikat Green Building kategori Platinum (top rated) di BSD dan Jakarta. Akan ada juga site event berupa Test Drive kendaraan listrik Berbasis battery namun terpaksa dibatalkan karena dampak Covid 19 di tempat test tersebut.

Melihat pentingnya IEECCE 2021, the International Energy Agency yang selalu mendukung Acara ini sejak tahun 2017, dan kali ini kita mendapat kehormatan dengan kehadiran virtual dari Dr Fatih Birol, Executive Director IEA yang akan memberi kata sambutan di Acara Pembukaan ini. Begitupula The Swedish Energy Agency akan berpartisipasi dalam Event ini dengan memanfatkan forum IEECCE sebagai ajang pengenalan teknologi baru melalui perusahaan-perusahaan Swedia yang kompeten dalam semangat kerjasama antara kedua negara.

Dukungan Pemerintah juga merupakan suatu hal penting dalam IEECCE 2021 dengan hadirnya para Keynote Speakers yang sebagian besar terdiri dari para Menteri Kabinet Kerja yang membidangi isu-isu terkait energi yang dibahas dalam Event ini. “Kesediaan Bapak-bapak Menteri untuk berpartisipasi dalam Event ini kami rasakan sebagai dukungan besar pemerintah kepada perjuangan MASKEEI dalam mengadvokasi, mempromosikan dan mendorong peningkatan upaya Efisiensi dan Konservasi Energi, serta mengawal kebijakan-kebijakan pemerintah yang mendukung upaya-upaya tersebut di masyarakat, demi tercapainya sasaran Pembangunan Rendah Karbon dan berkelanjutan, serta dalam rangka melakukan mitigasi dan adaptasi perubahan iklim global, sebagaimana yang dicantumkan dalam dokumen Nationally Determined Contribution sebagai wujud tanggung Jawab Indonesia dalam upaya-upaya global terkait perubahan iklim sebagaimana disepakati dalam Perjanjian Paris tahun 2015”, kata Jon Respati.

Selain beberapa Kementrian dan Bapenas serta ITB, IEECCE 2021 juga mendapat dukungan dari beberapa sponsor yaitu SWEDISH ENERGY AGENCY, ABB, PT BANK HSBC INDONESIA, JAPANESE BUSINESS ALLIANCE, SMARDT INDONESIA, MAXPOWER GROUP AND NAVIGAT ENERGY INDONESIA, PT. ENERGY MANAGEMENT INDONESIA (EMI), PT BANK DANAMON INDONESIA TBK, PT. SARANA MULTI INFRASTRUKTUR
BANK BRI , PT. GEO DIPA ENERGI (PERSERO), PT MITSUBISHI POWER INDONESIA , PT BANK MANDIRI (PERSERO) TBK., HITACHI ABB POWER GRIDS, PT BERCA CARRIER INDONESIA, PT. INDONESIA POWER, PT. INDONESIA INFRASTRUCTURE FINANCE, HEAT PUMP & THERMAL STORAGE TECHNOLOGY CENTER OF JAPAN (HPTCJ), LG ELECTRONICS INDONESIA, PT. TELKOM LANDMARK TOWER, TELKOMSEL, PLN, BANK BNI, Bank Tabungan Negara, Bank DANAMON dan PT DAMIA Convex selaku Event Organizer.

Halaman 3

“Kami berharap Event ini akan bermanfaat dan memberi sumbangan dan dorongan pada upaya peningkatan efisiensi energi dan pengembangan energi bersih dalam rangka menjawab tantangan Transisi Energi global menuju pemanfaatan energi bersih (clean energy) untuk pembangunan berkelanjutan”, tutup Jon Respati.

# # #

Tentang MASKEEI
MASKEEI berdiri sejak Nopember 2014, sebagai kelanjutan dari kegiatan Forum Komunikasi Masyarakat Hemat Energi (FKMHE) yang berdiri sejak 2001, tetapi menghentikan kegiatannya sejak 2008 karena berbagai hambatan. MASKEEI mempunyai visi tercapainya tujuan nasional pengembangan energi bersih dan berkelanjutan, khususnya terkait upaya efisiensi dan konservasi energi. Misi utama MASKEEI adalah mengadvokasi gerakan penghematan (konservasi) energi melalui upaya efisiensi.

Informasi: Sekretariat MASKEEI, Amalia Syafrudin 0856 7706 934

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *