Dr. Abdul Kahar : Jadikan Siri’ Na Pacce Sebagai Mile Stone Untuk Meraih Beasiswa

Komunitas13 Views

Jakarta, Indonesianews.co.id

Kalimat bernas dan bertuah tersebut, plus jika orang bisa, kenapa kita tidak bisa, diucapkan oleh Bapak Dr. Abdul Kahar, M.Pd., Ketua Departemen Pendidikan dan Pengembangan SDM BPP KKSS yang juga Kepala Pembiayaan Pendidikan di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, dan Riset RI, di closing statement pada Webinar BPP KKSS hari ini, Sabtu, 22 Mei 2021.

Abdul Kahar bersama Rumtini, Ph.D., Kepala Divisi Seleksi Beasiswa LPDP, Kementerian Keuangan hadir sebagai pembicara utama di Webinar tersebut yang dihadiri oleh hampir 200 peserta dari Pengurus dan Warga KKSS dan Pilar-Pilar KKSS di seluruh Indonesia melalui Zoom dan YouTube.

Ibu Rumtini mengajak seluruh pelajar dan mahasiswa, termasuk ASN dan pengajar/dosen asal Sulawesi Selatan untuk mengejar beasiswa sebagai sebuah impian dan harapan.

“Beasiswa itu adalah impian karena jumlah kuwota penerimanya terbatas, sementara peminatnya banyak. Mereka yang memiliki spirit ingin maju dan terus berusaha, biasanya berhasil mendapatkan beasiswa dari LPDP. Sumber beasiswa itu ada puluhan, bukan hanya dari pemerintah”, kata Rumtini.

Kita tidak ingin ada anak perantau atau anak-anak pelajar dan mahasiswa Sulawesi Selatan yang terhalang meraih pendidikan yang baik karena faktor biaya. Mereka harus dibantu. Melalui KKSS dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, kita bantu mereka. Program ini patut dijadikan sebagai jangkar dan jaringan pengamanan sosial di seluruh Indonesia, lanjut Abdul Kahar.

Peserta kelihatan menikmati paparan dari kedua narasumber, karena di samping dilengkapi materi presentasi, juga tersedia waktu untuk dialog atau tanya jawab, dimulai dari menjawab beberapa pertanyaan di room chat, dilanjutkan dengan pertanyaan interaktif, open speaker.

Ada dua pertanyaan yang menonjol selama hampir 3 jam Webinar tersebut: masalah batasan umur dan cara praktis untuk mendapatkan beasiswa. Kedua pertanyaan ini telah dijawab dengan baik dan menyakinkan oleh kedua narasumber.

Webinar ini dirancang sekitar 15 hari dan menjadi salah satu program unggulan atau rasionalitas Departemen kami di BPP KKSS, kata Andi Fajar Asti, Ketua Panitia.

Acara ini dibuka oleh Prof. Dr. Awaluddin Tjalla, Wakil Ketua Umum BPP KKSS, atas nama Ketua Umum BPP KKSS karena Ketua Umum, Bapak Muchlis Patahna, SH., MKn, sedang di atas pesawat dari Kendari ke Makassar; dipandu oleh Andi Ratu Pustika Sari, sebagai Prokol Acara; Dr. Padlia Parakasi, sebagai Moderator; dan baca doa, H. Jaya Lupu, Pengurus BPP KKSS dan Sekretaris Jenderal Kerukunan Keluarga Tana Luwu.

(M. Saleh Mude, Aktivis KKSS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *