Polair Polres Tanjungbalai, Lakukan Pengawasan dan Pemeriksaan Kapal yang Diduga Membawa TKI Ilegal dan Barang Ilegal

TNI & Polri93 Views

Tanjungbalai, Indonesianews.co.id

Polres Tanjung Balai Polda Sumatera Utara (Polda Sumut) melalui Sat Polair Polres Tanjung Balai melaksanakan patroli pengawasan hukum perairan di wilayah hukum (wilkum) polres Tanjungbalai dan sosialisasi Covid-19selama 1 x 12 Jam Senin, (23/02/2021)

Kapolres Tanjung Balai AKBP Putu Yudha Prawira SIK MH kepada wartawan mengatakan, pelaksanaan tugas patroli Sat Polair Polres Tanjung Balai dengan menggunakan Kapal Patroli BHABINKAMTIBMAS dikomandoi BRIPKA ACEP HS. BRIPKA ABD HADI SARAGIH.

“Pelaksanaan tugas patroli di Tanjung perairan Balai Asahan untuk melakukan pengawasan dan antisipasi terhadap kapal yang macet TKI dan kapal yang diduga membawa barang ilegal atau barang yang dilarang keluar dan masuk melalui perairan Tanjung Balai,” ujar AKBP Putu Yudha.

Dijelaskan orang nomor satu di Mapolres Tanjung Balai ini, sebelum melaksanakan tugas patroli terlebih dahulu melakukan pemeriksaan terhadap kapal, melakukan pemeriksaan suhu tubuh Awak kapal dengan menggunakan alat Termo Scan.

Selanjutnya Komandan Kapal Patroli Sat Polair Polres Tanjung Balai Pelaksanaan Public Speaking, berupa sosialisasi Adaptasi Kebiasaan Baru tentang pencegahan virus Corona (Covid-19) kepada masyarakat Awak kapal Nelayan Kota Tanjung Balai.

Himbauan itu lanjut Kapolres Tanjung Balai agar masyarakat tetap mengikuti perkembangan Covid-19, melaksanakan himbauan Pemerintah dan menjalankan Protokoler Kesehatan (Prokes) Covid-19 untuk memakai masker, menjaga jarak, menggunakan tangan menggunakan sabun dengan air mengalir dan menghindari kerumunan.

Kemudian terapkan Pola Hidup Bersih Sehat agar tetap menjaga kebersihan dan lingkungan serta rajin cuci tangan pribadi dengan sabun dengan aliran udara.

Apabila akan berlayar agar selalu periksa mesin, kelengkapan kapal dan kelengkapan dokumen kapal sebelum berlayar. Dlam berlayar utamakan keselamatan dengan cara melengkapi alat-alat keselamatan berlayar seperti Jaket Pelampung dan Ring boy, APAR dan Kotak P3K.

Menjadi mitra Polri dalam situasi Kamtibmas dengan membantu petugas Satpolair untuk memberikan informasi jika ada siaga ada masyarakat atau orang (TKI Ilegal) yang masuk dengan cara menumpang di kapal pengangkutan / kapal ikan serta juga kapal yang membawaakan membawa barang2 ilegal seperti Ballpress dan narkoba.

Sekira pukul 12.30 WIB, KP II-BHABINKAMTIBMAS Diawaki Team Regu IV BRIPKA ACEP H.S, BRIPKA AH. SARAGIH. Melakukan pengejaran satu unit kapal yang datang dari arah laut, diposisi/koordinat :
N 2° 59′ 26.5344″
E 99° 49′ 52.7648″
Kapal tersebut dapat dihentikan, sebelum melakukan Pemeriksaan kapal, Petugas patroli melakukan pemeriksaan Suhu Tubuh Awak kapal dengan menggunakan alat Termo Scan.

Adapun hasil pemeriksaan kapal tersebut adalah KM.DOA BUNDA ABADI GT.17 No.2342/PHB/S.7 yang dinakhodai oleh Abdul datang dari Tg.Balai tujuan laut.

Dokumen kapal : lengkap selanjutnya kepada nakhoda diberikan peringatan dan himbauan untuk menjaga keselamatan berlayar jumlah Abk / penumpang : 6 orang muatan kapal berupa fiber berisi air dan es batangan dan tidak ada ditemukan barang – barang yg ilegal atau yang melanggar hukum.

Sejauh ini dalam pemantauan pelarian wilayah hukum (wilkum) Polres Tanjungbalai aman dan terkendali. (KHR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *